Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya berbagi informasi tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap. Desain lansekap adalah profesi yang memiliki banyak aspek yang membutuhkan pemahaman 

tentang arsitektur lansekap menurut para ahli, pengertian lansekap, prinsip-prinsip desain lansekap, bentuk-bentuk lanskap potret, material dan aplikasinya. 

Desain lanskap adalah proses perencanaan dan perancangan elemen-elemen berbasis lahan dari sebuah ruang, seperti jalan setapak, halaman rumput, dan taman.

Baca juga 10 Langkah-Langkah Membuat Taman

Hal ini melibatkan penciptaan fitur-fitur berkelanjutan yang meningkatkan estetika dan fungsionalitas lanskap. 

Apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap, coba kita artikan satu persatu istilah berikut

Desainer lanskap adalah seseorang yang dapat membuat rencana lanskap baru atau yang telah disempurnakan untuk rencana yang sudah ada.

Arsitek lanskap adalah seseorang yang dapat merancang, merencanakan, dan mengelola pembangunan proyek pengembangan baru. 

Arsitek lanskap juga dapat terlibat dalam perencanaan komunitas, desain perkotaan, desain lingkungan dan bidang lain yang terkait dengan perencanaan kota.

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Tukang Taman Surabaya : Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Apa itu Desain Lanskap?

Desain lanskap adalah seni dan ilmu yang menggunakan tanaman, fitur struktural, dan hardscape untuk menciptakan ruang fungsional yang indah dan ramah lingkungan.

Arsitek lanskap memiliki pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip arsitektur lanskap, elemen-elemen desain, 

dan bagaimana menerapkan elemen-elemen tersebut untuk menciptakan ruang fungsional dengan daya tarik estetika. 

Baca juga 8 Prinsip Perancangan Taman

Mereka juga memahami pentingnya keberlanjutan dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan lingkungan yang dibangun.

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Pengertian Arsitektur Lanskap Menurut Para Ahli

apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap.Desain lanskap adalah profesi multidisiplin yang berfokus pada seni dan penciptaan ruang luar ruangan. 

Ini adalah bidang yang mengambil dari banyak disiplin ilmu lain, termasuk hortikultura, arsitektur, dan teknik sipil. 

Desainer lanskap sering disebut sebagai arsitek lanskap atau insinyur lanskap. Tujuan dari desain lanskap adalah untuk menyediakan ruang yang indah dan fungsional yang memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga 65 Jenis Taman Rumah

Desain lanskap adalah sebuah proses yang melibatkan seni dan ilmu perencanaan, perancangan, dan pemeliharaan ruang luar lingkungan binaan. 

Seorang desainer lanskap dapat berupa seseorang dengan gelar master di bidang hortikultura yang merencanakan dan mengelola ruang hijau publik 

atau bisa juga seseorang dengan gelar sarjana di bidang arsitektur lanskap yang mendesain lanskap perumahan pribadi.

Nah, anda sudah ada gambaran tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap.

Desain lanskap dapat diterapkan pada berbagai jenis proyek, tetapi paling sering digunakan untuk properti perumahan seperti pekarangan dan taman. 

Hal ini juga dapat digunakan untuk properti komersial seperti pusat perbelanjaan dan taman perkantoran.

Tujuan utama dari setiap desainer lanskap adalah untuk menciptakan ruang estetika dalam lingkungan yang paling sesuai dengan kebutuhan penggunanya. 

Untuk alasan ini, memahami lingkungan tempat proyek Anda akan berlangsung sangat penting untuk merancang lanskap yang sukses.

Desainer lanskap harus memiliki pengetahuan tentang tanaman, tanah, dan aliran air serta dapat menggunakan perangkat lunak gambar CAD secara efektif untuk membuat rencana untuk proyek-proyek klien mereka. 

Baca juga 4 Tips Rekomendasi Tanaman Untuk Taman Minimalis

Mereka harus memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik untuk bekerja dengan klien secara langsung atau melalui kontraktor di lokasi selama proyek konstruksi. 

Dari ulasan kami tukang taman Surabaya, sSemoga semakin paham tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap

Mereka juga membutuhkan keterampilan organisasi yang kuat karena mereka mungkin memiliki beberapa klien 

pada satu waktu yang masing-masing bekerja pada proyek yang berbeda yang membutuhkan tingkat perhatian yang berbeda tergantung pada anggaran dan jadwal mereka.

Desainer lanskap membuat rencana untuk segala hal mulai dari taman pribadi kecil hingga taman umum besar atau kampus perusahaan yang terdiri dari ratusan hektar lahan. 

Ruang lingkup pekerjaan akan sangat bervariasi tergantung pada apakah proyek Anda berskala kecil atau besar, 

namun semua proyek memerlukan perencanaan yang matang sebelum memulai konstruksi sehingga sesedikit mungkin

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Prinsip Desain Lanskap

Nah, lanjut dengan apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap. Desain lanskap adalah proses pengembangan rencana untuk pembangunan, penanaman dan pemeliharaan lanskap. 

Dalam proses ini, perancang harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis tanah, iklim, tanaman dan hewan setempat, serta gaya bangunan saat ini.

Baca juga 10 Aspek Pembuatan Taman Rumah Indah

Desainer lanskap bekerja di berbagai bidang termasuk lansekap perumahan dan taman umum.

Desainer Lansekap harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang arsitektur lansekap menurut para ahli, lansekap adalah:

Kombinasi fitur-fitur yang terencana yang membentuk ruang hidup di luar ruangan.

Estetika 

Sedikit tambahan ulasan tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap.

Pada penataan atau penyajian elemen visual dengan cara yang menarik bagi indera. Estetika dapat dibagi menjadi dua kategori: bentuk dan fungsi. 

Bentuk mengacu pada bagaimana sesuatu terlihat, sementara fungsi mengacu pada bagaimana sesuatu bekerja bersama sebagai bagian dari komposisi atau pola keseluruhan.

Proporsi

Hubungan antara ukuran dan skala dari satu elemen dalam kaitannya dengan elemen lain dalam ruang atau keseluruhan komposisi disebut proporsi. 

Proporsi menciptakan harmoni karena menciptakan keseimbangan dalam keseluruhan desain.

Irama

Hal ini mengacu pada pengulangan dalam sebuah komposisi; irama menciptakan gerakan dalam sebuah komposisi dengan menggunakan pengulangan dengan variasi di seluruh aspek desain mulai dari warna/bentuk/bentuk/bahan, dan lain-lain

Bagaimana pemahaman anda tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap.

Unsur-Unsur Desain Lanskap

Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Unsur-Unsur Desain Lanskap

Bahansan selanjutnya tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap, pada elemen desain lanskap dapat membantu anda 

dalam mencapai tujuan anda untuk ruang luar Anda. Kombinasi elemen yang tepat akan menciptakan ruang luar yang indah dan fungsional.

Elemen desain lanskap dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori: hardscape dan softscape. 

Hardscape mengacu pada struktur yang membentuk taman Anda, seperti teras, dek, dan jalan setapak. Softscape adalah segala sesuatu yang ada di taman Anda, mulai dari semak belukar hingga fitur air.

Baca juga 3 Unsur - Unsur Elemen Taman Landscape

Gunakan elemen-elemen desain lanskap ini untuk menciptakan suasana yang tenang.

Elemen desain lanskap yang Anda pilih untuk ruang luar Anda akan memiliki dampak yang signifikan terhadap keseluruhan tampilan dan nuansa. 

Baik Anda menambahkan teras baru, merenovasi ruang yang sudah ada, atau mendesain dari awal, berikut beberapa elemen penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Bahan paving
  • Dinding dan pagar
  • Fitur air
  • Furnitur dan perabotan
  • Rumput sintetis

Jalan setapak

Jalan setapak adalah salah satu elemen desain lansekap yang paling penting karena memungkinkan akses ke semua bagian halaman Anda. 

Tentunya dengan artikel kami tukang taman Surabaya apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap semakin menambah wawasan anda pada bidang lanskap.

Mereka juga menyediakan jalan bagi orang untuk berjalan melalui taman tanpa merusaknya dengan kaki atau sepatu mereka. 

Baca juga 10 Langkah - Langkah Membuat Taman Rumah Sederhana

Jalan setapak harus cukup lebar agar orang dapat berjalan dengan nyaman tanpa menyentuh tanaman atau menginjak hamparan mulsa.

Jalan setapak juga berguna untuk memindahkan barang-barang di sekitar halaman - seperti peralatan atau kayu bakar - tanpa menyebabkan kerusakan atau lumpur pada tanaman atau hamparan mulsa di sepanjang jalan. 

Anda dapat memasang batu pijakan alih-alih menggunakan kerikil jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih menarik daripada tanah kosong dalam desain jalan setapak Anda,

tetapi batu akan membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kerikil jika perlu diganti setiap satu atau dua tahun.

Kontur Taman

Taman kontur memiliki lekukan dan sudut lembut yang mengikuti kontur alami tanah. 

Hal ini memungkinkan perawatan yang mudah, karena tidak ada sudut atau tepi yang tajam yang dapat ditumbuhi rumput liar. 

Taman kontur juga ideal bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas, karena hanya membutuhkan sedikit usaha fisik dalam hal pemeliharaan.

Bentuk Lanskap

Setelah mengulas apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap, selanjutnya bentuk desain. Untuk mendesain lanskap secara efektif, Anda perlu mengetahui bentuknya. Ada dua bentuk dasar: naturalistik dan abstrak. 

Bentuk naturalistik menggunakan elemen-elemen alami seperti pohon, semak, dan bunga, sedangkan bentuk abstrak menggunakan elemen buatan manusia seperti batu bata atau paver beton.

Bentuk lanskap adalah dasar dari desain lanskap apa pun. Inilah yang memberikan karakter pada ruang luar Anda, dan dapat digunakan untuk menciptakan drama dan ketertarikan pada lanskap yang membosankan.

Menciptakan bentuk lanskap adalah sebuah bentuk seni, tapi Anda tidak harus menjadi seorang seniman untuk melakukannya. 

Anda hanya perlu pengetahuan dasar tentang bagaimana berbagai bentuk bekerja bersama dan apa yang membuatnya efektif.

Ada banyak jenis bentuk lanskap yang berbeda; beberapa lebih populer daripada yang lain dan beberapa lebih efektif daripada yang lain tergantung pada jenis halaman yang Anda miliki. Namun ide umum di balik semuanya sama.

Dua jenis bentuk lanskap yang paling umum adalah lingkaran dan kotak. Lingkaran sering digunakan di halaman yang lebih kecil karena cenderung kurang padat secara visual dibandingkan persegi panjang atau segitiga (yang akan kita bicarakan nanti). 

Lingkaran memberikan rasa tenang yang dapat membantu mengatasi area yang sibuk atau ditumbuhi tanaman seperti pagar tanaman atau hamparan bunga 

sambil memberikan mata anda sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat, bukan semak-semak atau bunga yang saling berebut perhatian di tempat yang kecil.

Gaji Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap adalah karier yang mengasyikkan, bermanfaat, dan menguntungkan. Gaji arsitek lansekap rata-rata adalah $ 61.000 per tahun, tetapi potensi pendapatan enam digit ada bagi mereka yang bersedia meluangkan waktu dan tenaga.

Gaji arsitek lanskap rata-rata adalah $61.000 per tahun

Arsitek lansekap merancang ruang luar seperti taman dan kebun. Mereka juga merencanakan proyek konstruksi yang melibatkan ruang luar, seperti jalan raya, tempat parkir, dan pengembangan komersial. 

Arsitek lanskap mungkin berspesialisasi dalam desain perumahan atau komersial atau keduanya. Arsitek lansekap memperoleh gaji rata-rata $61.000 per tahun. 

Mereka yang bekerja di firma arsitektur atau lembaga pemerintah cenderung menghasilkan lebih banyak daripada mereka yang dipekerjakan oleh organisasi nirlaba atau bisnis swasta. 

Rata-rata, arsitek lansekap berpengalaman menghasilkan antara $50.000 dan $80.000 per tahun di industri.

Itulah artikel kami tukang taman Surabaya tentang apa itu desain lanskap? prinsip dan bentuk lanskap. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kalimat yang susah untuk anda pahami.