Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 4 Jenis Pohon Bunga Kuning Pinggir Jalan

Konten [Tampil]
Tukang Taman Surabaya. Mungkin anda sedang mencari nama jenis pohon bunga kuning pinggir jalan yang biasa dipakai untuk pohon peneduh dan pelindung. Pohon tabebuya memiliki bentuk bunga kuning kecil menyerupai terompet dan bergerombol sehingga terlihat indah pada saat musim gugur bermekaran.

Jenis pohon tabebuya memang sangat populer ditanam sebagai pohon pinggir jalan sebagai pohon peneduh. Dan merupakan salah satu dari jenis pohon berbunga kuning di Indonesia.

Untuk jenis pohon yang mempunyai warna bunga kuning sangat beragam mulai dari tanaman hias semak misalkan pohon dadap wangi bunga kuning.

Namun yang lagi trend saat ini adalah jenis pohon tabebuya chrystricha yang sudah banyak anda jumpai pada tepi jalan trotoar di kota Surabaya.

Jenis Pohon Bunga Kuning Pinggir Jalan

Tukang Taman Surabaya Tentang 3 Jenis Pohon Bunga Kuning Pinggir Jalan

Pohon peneduh pada pinggir jalan adalah pohon yang sengaja ditanam pada tepi jalan untuk berbagai kegunaan dan tujuan.  

Pohon peneduh adalah tumbuhan yang sengaja ditanam untuk kurangi terik matahari. Di Indonesia, banyak model pohon dan tanaman lainnya yang dapat difungsikan sebagai penyejuk

Selain itu, menurtu kami Tukang Taman Surabaya pohon peneduh dapat memiliki faedah ekologis, yakni sebagai penghasil oksigen, penyaring polutan, 
peredam kebisingan, pencegah erosi, penyedia sumber makanan bagi hewan serta memiliki faedah estetika dan jadi ciri khas bagi suatu daerah atau negara.

Penanaman pohon di tepi jalan termasuk miliki kegunaan konservasi, yakni untuk mengembangkan dan melestarikan jenis-jenis pohon yang jadi langka. 

Kami Tukang Taman Surabaya berpendapat bahwa memilih jenis pohon untuk peneduh jalur tidaklah mudah, dikarenakan wajib mencukupi banyak kriteria. 
Pohon peneduh jalur haruslah dari tipe yang kuat, tahan pada pengaruh cuaca ekstrim dan bisa beradaptasi terhadap beraneka kondisi lingkungan berbeda.

Berikut adalah jenis pohon yang mempunyai warna bunga kuning yang sering anda jumpai pada pinggir jalan yaitu :

1. Pohon Tabebuya Kuning (Tabebuia chrysotricha/Handroanthus)

Tabebuia chrysotricha (terompet emas) juga disebut sebagai pohon terompet emas atau emas. Tetapi spesies ini adalah pohon yang lebih kecil, biasanya tingginya mencapai 25 hingga 30 kaki. 

Dari pengalaman kami Tukang Taman Surabaya. Pohon tabebuya memiliki mahkota yang tidak beraturan ketika muda tetapi menjadi bulat dengan cabang-cabang yang menyebar luas seiring bertambahnya usia. 
Ini memiliki kulit tipis abu-abu halus dengan tanda linier. Pohon itu memiliki daun palmate majemuk hijau dengan 5 selebaran. 

Selebaran berukuran 2 hingga 4 kali 1/2 inci, kabur di bagian bawah. Ketika pohon itu jatuh, ia pergi, ia berbunga menghasilkan kelompok terminal dari mekar kuning tua berbentuk terompet yang mencolok. 

Bunganya memiliki panjang 3 hingga 4 inci, yang menarik burung kolibri. Pembungaan terjadi ketika pohon tidak berdaun, efeknya spektakuler.
Selanjutnya, buahnya adalah polong kurus yang keras dengan panjang 8-10 inci dan lebar 1/2 inci. Polong tetap berada di pohon untuk beberapa saat setelah melepaskan bijinya. 

Dari sumber info yang kami Tukang Taman Surabaya baca bahwa pohon ini dapat tumbuh dari biji atau stek. 

Dalam budidaya, Tabebuia chrysotricha (trompet emas) lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik; penyiraman dan pemupukan secara teratur meningkatkan pertumbuhan. 

Ini tidak memiliki masalah hama atau penyakit yang serius, dan tidak dianggap sebagai pohon invasif. Ini adalah pohon spesimen yang ideal, 

pada teras atau halaman rumput, di sepanjang jalan pada median atau di perkebunan besar.
Nama lain: Handroanthus chrysotrichus, pohon terompet emas atau emas

Pohon Tabebuya Bunga Kuning Daun Kecil

2. Pohon Angsana (Pterocarpus indicus)

Tanaman Angsana merupakan salah satu jenis tanaman obat berupa pohon besar dan rindang. Pohon dari tanaman angsana yang merupakan tanaman legum jenis legum ini memiliki jenis kayu yang cukup baik.

Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Sub Kelas: Dialypetalae
Bangsa: Rosales
Keluarga: Papilionaceae
Genus: Pterocarpus
Spesies: Pterocarpus indicus

Ciri-ciri Pohon Angsana
Menurut kami Tukang Taman Surabaya. Pohon Angsana biasanya dengan akar papan (banir). Kubah seperti kubah, dengan cabang-cabang merunduk ke tanah. 

Pepagan (kulit kayu) abu-abu kecoklatan, terbelah atau mirip sisik halus, mengeluarkan kelenjar getah bening kemerahan jika terluka. 

Majemuk majemuk bernas, panjang 12-30 cm. Helaian daun 5-13, berseling pada batang daun, bulat sampai agak jorong, 6-10 × 4-5 cm, pangkal bulat dan ujung runcing, hijau cerah, gundul, dan tipis.
Manfaat Pohon Angsana
Selain berfungsi sebagai pohon peneduh di ruas jalan, sifat kayu angsana yang kuat dan tahan lama, serta tahan terhadap segala cuaca, 

membuat kayu angsana sering digunakan dalam konstruksi ringan maupun berat. Warna dan motif serat kayu yang bagus, 
menjadikan kayu angsana sebagai kayu pilihan dalam pembuatan mebel, alat musik, lantai parket, gagang peralatan. 

Pohon Angsana juga dapat berperan sebagai tanaman obat. Bagian dari pohon angsana seperti kulit, getahnya dapat digunakan sebagai obat alternatif 

untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti batu ginjal, sariawan (penggunaan kulit), kencing manis, bisul, serta untuk mengendalikan tumor dan kanker.

Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Bunga Kuning

3. Pohon Soga (Peltophorum pterocarpum)

Peltophorum Pterocarpum (Copperpod) Nama Lain: Pohon Api Kuning, mirip dengan Yellow Poinciana, Peltophorum Dubium. 

Menurtu kami Tukang Taman Surabaya. Pohon itu umumnya mencapai ketinggian 40 kaki dan memiliki mahkota berbentuk payung terbuka yang menyebar selebar pohon itu tinggi; dan batang serta rantingnya memiliki rambut berwarna merah karat. 

Juga, daunnya halus, bergantian, bipinnate, hijau sekitar 2 kaki panjangnya dengan 8-20 pasang selebaran berbulu lonjong masing-masing sepanjang 3/4 inci. 
Selain itu, bunga-bunga ditanggung dalam kelompok tegak yang menutupi kanopi dalam selimut kuning mencolok dari mekar harum. Mekar individu berdiameter sekitar 1- 1 1/2 inci. 

Buahnya panjang, kering, polong keras 3-6 inci dan matang menjadi warna tembaga merah anggur; mengandung beberapa biji, yang digunakan untuk perbanyakan.

Manfaat Pohon Soga
Di Asia, kayu Peltophorum Pterocarpum (Copperpod) memiliki beberapa kegunaan antara lain untuk pembuatan lemari, sedangkan daun dan polongnya merupakan makanan ternak. 

Pengalaman kami sebagai Tukang Taman Surabaya. Pohon ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, asalkan dikeringkan dengan baik. Selain itu, manfaat dari pemangkasan untuk mencapai dan mempertahankan bentuk yang diinginkan.
Copperpod adalah pohon lanskap yang populer, sempurna untuk memberikan keteduhan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk taman atau kebun sebagai pohon aksen. 

Juga, di sepanjang jalan dan jalan, di tempat parkir, serta di taman xerophytic. Penting untuk mempertimbangkan bahwa pohon menghasilkan jumlah sampah yang moderat.

4 Jenis Pohon Bunga Kuning Pinggir Jalan

4. Pohon Akasia (Acacia auriculiformis)

Ragam pohon akasia yang berasal dari Indonesia. Tumbuhan selanjutnya adalah Acacia auriculiformis. Masyarakat Tanah Air lebih mengenal tanaman ini bersama sebutan Akasia Daun Lebar.

Flora yang satu ini banyak tumbuh di selatan Papua dan tersebar hingga Papua Nugini dan juga utara Australia. 

Dari sumber info yang kami Tukang Taman Surabaya peroleh, ciri fisik tanaman tersebut mampu kita identifikasi dari tingginya yang raih 15-30 m. Diameter pohon sendiri dapat tumbuh hingga 50 cm, 
memiliki tajuk bulat bersama batang monopodial (kadang-kadang sympodial). Bagian kulitnya kelihatan pecah-pecah serta beralur relatif dangkal.

Daun pohon ini lumayan tebal, berwarna hijau tua mengkilat serta berwujud filodial. Panjang daunnya bisa meraih 15-16 cm, sedangkan lebarnya berkisar 2 cm saja.

Tangkai daun tersebut berwarna cokelat dengan wujud yang melengkung di ke-2 sisinya. Pada waktu muda bunga dari pohon ini berwarna hijau, sedang kala udah tua warnya beralih menjadi kekuningan.

Itulah referensi dari kami tukang taman surabaya 4 Jenis Pohon Bunga Kuning Pinggir Jalan dari beberapa jenis pohon berbunga kuning di indonesia. Silahkan anda ingin menanam jenis apa, sebagai pohon peneduh dan pelindung pada halaman rumah atau pada area tepi jalan.